5 makanan yang dilarang saat merencanakan kehamilan


makanan yang dilarang saat merencanakan kehamilan

   Mempersiapkan kehamilan tidak bisa sembarangan. Harus direncanakan dengan baik dari berbagai aspek yang sangat matang. Persiapan kehamilan atau prakonsepsi difokuskan pada kondisi kehamilan, keadaan kehamilan dan pasangan dapat dilakukan sebelum kelahiran bayi yang sehat. Dari segi nutrisi, ada jenis makanan yang harus dikonsumsi, tetapi ada juga makanan yang harus dihindari.

   Probabilitas saat hamil akan meningkat ketika Anda dan pasangan Anda dalam keadaan sehat. Perubahan gaya hidup dapat meningkatkan peluang kehamilan dan mengarah pada kelahiran yang sehat. Memilih makanan yang akan berdampak besar pada nutrisi tubuh, fungsi sel, dan fungsi hormonal, dan kerentanannya adalah kesuburan seorang wanita.
Secara umum, ketika mempersiapkan kehamilan, disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting seperti zinc, asam folat, kalsium dan zat besi. Sebaliknya, jenis makanan atau minuman apa saja yang sebaiknya dihindari ibu hamil?
  • Makanan mengandung lemak trans

   Lemak trans sering berupa makanan ringan atau makanan cepat saji, kentang goreng, dan makanan kaleng yang terbuat dari produk hewani dan margarin. Semua makanan ini dapat meningkatkan resistensi insulin.

   Fungsi insulin membantu mengantarkan glukosa darah ke sel-sel di dalam darah. Ketika akan resistensi insulin, Anda tidak dapat pindah ke sel darah berikutnya. Akibatnya, pankreas akan terus memproduksi insulin pada kadar glukosa darah rendah. Tingkat insulin yang tinggi dapat menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat menyebabkan terjadinya aborsi.
  • Susu rendah lemak

   Penelitian terkait diterbitkan dalam jurnal medis "Reproduksi Manusia". Menurut rumor, wanita yang mengonsumsi produk susu rendah lemak dalam bahaya yang disebabkan oleh api penyandang cacat lebih dari sekali sehari.

   Di sisi lain, wanita yang mengonsumsi susu sapi dua kali sehari (full cream) mengalami 25% risiko kebutaan pada bayi. Studi di atas juga menunjukkan penemuan tandus yang tidak terkait dengan kadar vitamin D, kalsium, fosfor dan laktosa pada wanita. Susu cepat mereproduksi susu utuh untuk memisahkan kadar air dan lemak selama proses pembuatan susu rendah lemak atau skim. Beberapa jenis hormon akan terpisah dengan lemak.

   Estrogen dan progesteron adalah hormon yang larut dalam lemak, sehingga hormon-hormon ini juga dipisahkan pada saat bagian-bagian itu dipisahkan dari susu sapi utuh. Sementara larut dalam androgen, hormon pria, prolaktin dan air.

   Oleh karena itu, susu rendah lemak menyediakan lebih banyak hormon laki-laki dan hormon wanita (estrogen dan progesteron). Akibatnya, ada potensi ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan embrio pada wanita.

Penjelasan di atas adalah mengapa wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan didorong untuk mengurangi susu rendah lemak. Selama persiapan kehamilan, pilihlah produk susu olahan atau produk susu yang bahan bakunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh ibu hamil.
  • Makanan manis

   Padahal, makanan yang mengandung gula harus tetap dikonsumsi, asal jumlahnya harus dibatasi. Makanan manis yang berlebihan dikonsumsi dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas yang terjadi. Kegemukan adalah gangguan kesehatan yang dapat mengganggu kesuburan pria dan wanita. Selain itu, terlalu banyak makan-makanan manis dapat meningkatkan risiko diabetes.
  • Kafein

   Konsumsi kopi atau minuman lain, yang termasuk kafein, dapat mengganggu kesuburan, serta wanita. Jika Anda atau pasangan Anda adalah penggemar kopi, dan kalian biasa meminum kopi (setara dengan 500 mg kafein) lebih dari lima cangkir sehari, hati-hati karena dapat mengganggu kesuburan. Konsumsi kafein masih diperbolehkan hingga 200 miligram per hari.
  • Alkohol

   Minum minuman beralkohol dapat mengganggu proses kehamilan. Konsumsi alkohol dua gelas per hari dapat mengurangi kelahiran hingga 60%. Selain itu, alkohol juga dapat meningkatkan risiko kelainan janin.

Kehamilan adalah momen yang sangat menyenangkan bagi banyak pasangan. Ada banyak cara untuk mempersiapkan kehamilan, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga konsultasi gizi. Pilihan makanan mempengaruhi kesehatan dan mengoptimalkan tubuh dapat membantu calon ibu hamil. Sebisa mungkin, untuk menghindari makanan yang disebutkan di atas, dalam rangka mempercepat timbulnya kehamilan, kesehatan selalu melewati setiap trimester, serta masa depan bayi yang sehat.

   Berikut adalah 5 makanan yang dilarang saat merencanakan kehamilan, jika anda sedang mempersiapkan kehamilan trimester pertama pastikan untuk menghindari segala jenis makanan dan minuman yang telah disebutkan diatas, karena dapat berpengaruh terhadap kandungan anda nantinya, Anda boleh mengonsumsi beberapa makanan diatas dengan catatan tidak lebih dari dosis setiap harinya. Sekian dari saya jangan lupa share ya!


EmoticonEmoticon